Rabu, 01 Agustus 2012

Michael Phelps Pecahkan Rekor Peraih Medali Terbanyak Olimpiade


RENANG INDONESIA.Hari Selasa (31/7), Phelps memenangkan emas dalam gaya bebas 4x200 berantai dan medali perak dalam 200 meter gayakupu-kupu membuatnya meraih total 19 medali selama olimpiade.

Perenang Amerika Michael Phelps telah menempatkan dirinya masuk dalam deretan legenda Olimpiade Jesse Owens, Mark Spitz, Jim Thorpe dan Olga Korbut setelah ia memenangkan medali lebih banyak dari atlet manapun dalam sejarah Olimpiade.

Ia melakukannya hari Selasa dengan memenangkan emas dalam gaya bebas 4x200 berantai dan medali perak dalam 200 meter gaya kupu-kupu membuatnya peraih medali 19 terbanyak melampaui pemain pesenam Soviet Larisa Latynina.

Phelps yang berusia 27 tahun dilahirkan di kota Baltimore, Maryland di mana ia juga dikenal sebagai pemain baseball dan bintang football kota itu.

Klub renang Baltimoreadalah tempat pertama kali ia mengenal olah raga itu pada usia tujuh tahun dan di mana ia memulai impiannya untuk berjaya di Olimpiade.

Phelps bergabung dengan tim renang SMU-nya, tim nasional dan pada usia 15 tahun ia sudah menjadi bagian dari tim Olimpiade Amerika untuk Olimpiade musim panas di Sydney, Australia.

Ia tidak memenangkan emas di Sydneytapi selama empat tahun berikutnya satu persatu memecahkan rekor sebagai bagian dari tim nasional – latihan untuk Olimpiade musim panas di Athena, Yunani tahun 2004.

Phelps kemudian menjadi bintang Olimpiade memenangkan enam medali emas dan dua perunggu di Athena dan secara tidak diduga delapan medali emas dalam Olimpiade di Beijingtahun 2008.

Phelps telah menulis dua buku dan salah seorang pendiri kelompok nir laba yang menyelenggarakan kamp renang.

Sementara itu, perenang putri Amerika Allison Schmitt mencetak rekor Olimpiade untuk nomor 200 meter gaya bebas dalam Olimpiade London hari Selasa. Schmitt mencatat rekor 1 menit 53,61 detik, lebih cepat satu detik dari perenang Italia Federica Pellegrini empat tahun lalu di Beijing.

Juara nomor 400 meter gaya bebas putri Camille Muffat dari Perancis mencatat waktu 1 menit 55,58 detik untuk merebut medali perak dan Bronte Barratt dari Australia menyentuh garis finish dengan waktu 1 menit 55,81 detik untuk merebut medali perunggu.

Perenang remaja Amerika Missy Franklin menduduki urutan keempat dan pemegang rekor dunia Federica Pellegrini berada di posisi kelima.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ New Post Old Post ►