Senin, 30 Juli 2012

OLIMPIADE LONDON 2012: Remaja Lithuania 15 Tahun Persembahkan Emas Olimpiade


LONDON: RENANG INDONESIA - Perenang muda yang masih berusia 15 tahun asal Lithuania Ruta Meilutyte berhasil menyingkirkan juara dunia asal Amerika Serikat (AS) dan meraih medali emas pada final renang nomor 100 meter gaya punggung, Olimpiade 2012 London.

Meilutyte memimpin di depan Soni dengan selang waktu 1 menit 05,47 detik. Kemenangan atlet renang yang masih bersekolah ini sekaligus menjadi medali emas dari cabang olahraga renang pertama bagi Lithuania, setelah lepas dari Uni Soviet.

Meilutyte yang mengandalkan tambahan kecepatan dari tolakan pertama membuatnya memimpin di depan Soni, yang mengakhiri pertandingan dengan putus asa. Sementara itu, atlet renang asal Jepang Satomi Suzuki menempati tempat ketiga.

Meilutyte yang berlatih di Inggris, tepatnya di Plymouth College, bertanding pada olimpiade dan mencetak waktu terbaik, yakni satu menit 07,20 detik dan mampu meningkatkan waktu tersebut menjadi satu menit 07,30 detik hingga akhirnya berhasil menjadi juara olimpiade.

"Saya sudah tahu akan mengalami penurunan pada limameter terakhir, dan saya pada waktu itu berharap punya lima meter lagi, tapi secara keseluruhan ini adalah pertandingan yang bagus," ungkap Soni.

Awal pertandingan final tersebut sempat ditunda akibat kesalahan teknis yang dilakukan perenang AS Breeja Larson yang terjun ke kolam renang lebih cepat.

"Pada awal pertandingan sangat menarik, kami ditempatkan pada posisi yang sama. Tapi saya kasihan kepada Breeja yang terlalu cepat terjun. Dan memang begitulah seharusnya," tambah Soni. Larson sempat takut akan didiskualifikasi akibat terlau cepat.

"Saya takut didiskualifikasi. Saya terjun ke arena dan jantung saya seakan ikut tenggelam. saya sebenarnya sudah siap, dan ini hanya reaksi perenang yang sudah sangat siap bertanding. Tapi tidak ada yang terjun, hingga saya kembali ke atas, saya lega mereka tidak meneruskan pertandingan," aku Larson seperti dikutip AFP.

Perenang Australiaperaih tiga emas dan juara bertahan Leisel Jones hanya mampu menempati posisi kelima.
(Antara/faa)

0 komentar:

Posting Komentar

◄ New Post Old Post ►